RPP Prota Promes PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Klik Aplikasi Sekolah » Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://klikaplikasisekolah.blogspot.co.id/ ini akan membahas dan membagikan file tentang RPP Prota Promes PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file RPP Prota Promes PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019


Orientasi :

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi :

  • Mengaitkan materi pembelajaran yang akandilakukandengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya yaitutentang : 
  • Mengingatkan kembali materi prasyaratdenganbertanya. .
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akandilakukan. 

Motivasi:

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akandipelajari.
  • Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskantentang: kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Pemberian Acuan:

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukantentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, danKKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
  • penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : 
  • Sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
  • Mengajukan pertanyaan tentang : kisah keteladanan Nabi Muhammad saw..yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment),

  • Mengamati obyek/kejadian, 
  • Mendemontrasikan tentang  
  • Memperagakan
  • Mengumpulkan informasi
  • Aktivitas
  • Wawancara dengan nara sumber
  • Membaca sumber lain selain buku teks, 
  • Mendiskusikan
  • Mengulang
  • Mempresentasikan ulang
  • Saling tukar informasi tentang  : perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad SAWdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. 

Mengasosiasikan

  • Berdiskusi tentang data :keteladanan Nabi Muhammad SAW dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hariyang diamatidanyang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya. 
  • Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung. 
  • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: tentangkisah keteladanan Nabi Muhammad saw

Mengkomunikasikan

  • Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : 
  • Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
  • Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. 
  • Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : 


  • Laporan hasil pengamatan secara tertulistentang: kisah keteladanan Nabi Muhammad saw Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
  • Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa. 
  • Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Dan masih banyak RPP Prota Promes PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File RPP Prota Promes PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 1 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


RPP SD Kelas 1.zip
Prota PAI Semester 1.xlsx
Promes PAI  Sem 1.xlsx
Persiapan Pembelajaran Semester 1 15-16.docx
Agenda Harian.docx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts