Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC SMA Terbaru Tahun 2018/2019

Klik Aplikasi Sekolah » Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://klikaplikasisekolah.blogspot.co.id/ akan berbagi beberapa informasi, File, Aplikasi dll yang bersangkutan dengan pendidikan, mungkin dengan adanya situs kami ini bisa membuat Guru-Guru atau Rekan-rekan semakin memudahkan menemukan informasi ataupun mempermudah dan memperlancar dalam tugas/kinerjanya sebagai berikut kami akan sedikit membahas dan berbagi file , informasi, aplikasi, dll, tentang Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC SMA Terbaru Tahun 2018/2019.


A. Latar Belakang
National Schools Debating Championship (NSDC), atau dalam bahasa Indonesia Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional, merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.
NSDC merupakan suatu wahana bagi seluruh peserta didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang masingmasing terdiri atas 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan NSDC ini pada tanggal 24—30 Juni 2018 di Provinsi Bengkulu.

B. Tujuan
1. Umum
a. Memperluas wawasan para siswa agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris.
b. Melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif, dan bersikap sportif.
c. Membekali siswa sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.
2. Khusus
a. Membangun antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan dalam bahasa Inggris.
b. Membangun kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
3. Membangun kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
a. Menjaring siswa untuk mewakili tim Indonesia di ajang World Schools Debating Championship (WSDC)

C. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan
11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor .23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti
12. Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015—2019 dan
13. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Tahun 2018.

D. Hasil yang Diharapkan
1. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
2. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
3. Terbangunnya kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
4. Terjaringnya siswa berbakat yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional dalam ajang WSDC.

Berikut ini File Panduan Pelaksanaan Lomba NSDC SMA Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian untuk sedikit keterangan di atas, untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts